Pembukaan Rakerwas Itwasda Polda Banten Tahun 2023 dan Sosialisasi Manajemen Resiko - Media Online : www.duasatu.net

Kamis, 02 Maret 2023

Pembukaan Rakerwas Itwasda Polda Banten Tahun 2023 dan Sosialisasi Manajemen Resiko

Foto: Polda Banten 

SERANG,DUASATU.NET- Inspektorat Pengawas Daerah (Itwasda) Polda Banten menggelar Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) dan Sosialisasi Manajemen Resiko yang bertempat di Gedung Aula Serbaguna Polda Banten pada Kamis (02/03) sekitar pukul 09.30 Wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Ali didampingi Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto beserta sejumlah Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres Jajaran Polda Banten. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Fadli Afriadi, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten I Komang Asmara dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto menjelaskan terkait kegiatan tersebut. "Pada hari ini kita melaksanakan Rakerwas dan Sosialisasi Manajemen Resiko yang sekaligus acara ini juga akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada Polres Jajaran Polda Banten terkait hasil survei pelayanan publik yang akan diberikan langsung oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten," kata Eko.

Sementara itu, Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Ali menyambut baik Rakerwas Itwasda Polda Banten. "Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam rangka menciptakan sistem pemerintahan yang bersih dan melayani maka Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) diselenggarakan di lingkungan kementerian maupun lembaga. Maturitas SPIP mengandung 5 unsur yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, Informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern," kata Sabilul.

Kemudian Sabilul juga menilai kegiatan tersebut sangat penting diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh Satker, sebagai acuan dalam pengembangan kebijakan, perencanaan struktur fungsi manajemen resiko. "Manajemen resiko harus diterapkan mulai dari proses perencanaan sebagai pondasi bagi suatu instansi dalam mengembangkan program dan kegiatan yang lebih besar," ujar Sabilul.

Dalam hal ini Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Fadli Afriadi menyampaikan Polres yang mendapatkan penghargaan melalui hasil survei yang telah dilakukan. "Hasil survei kepatuhan pelayanan publik tertinggi di wilayah Provinsi Banten diraih oleh Polres Cilegon dengan nilai 89,9 berada pada zona hijau, diikuti oleh Polresta Tangerang dengan nilai 88,69, Polres Pandeglang dengan 87,51, Polres Lebak dengan nilai 85,14, Polres Serang dengan nilai 82,15 dan terakhir Polresta Serang Kota dengan nilai 78,33," tutup Fadli. (A.A.ROHIM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda