Kemarau Panjang, Sumur Cadas Jadi Favorit Warga Rancasadang - Media Online : www.duasatu.net

Jumat, 06 Oktober 2023

Kemarau Panjang, Sumur Cadas Jadi Favorit Warga Rancasadang

Warga Rancasadang antri disumber mata air sumur cadas untuk mendapatkan pasokan air bersih/foto: Edi duasatu.net 

TANGERANG,DUASATU.NET- Warga Kampung Rancasadang RT17/06 Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten mengalami kekeringan bahkan warga rela antri untuk mendapatkan air bersih di salah satu sumber mata air sumur cadas dengan menggunakan jerigen galon dan ember buat keperluan sehari-hari seperti mencuci, mandi dan lainnya.

Sumber mata air sumur cadas yang telah dak pernah kekeringan selalu menjadi andalan warga sejak bertahun-tahun lalu di saat dampak kemarau yang melanda akibat faktor cuaca elnino, sumur-sumur menjadi kering. Meski warga pernah mendapat bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Tangerang melalui pos Tigaraksa.

" Namun tidak selamanya menunggu bantuan salah satu jalan yang efektif yaitu mengantri disumber mata air sumur cadas yang menjadi favorit warga Rancasadang selama kemarau panjang sekitar 4 bulan.

Emat salah seorang warga sekitar yang tak jauh dari sumur cadas mengatakan, aktifitas antrian disumur cadas memang selalu ramai terutama dihari Sabtu dan Minggu, sayangnya kondisi jalan tanah yang menurun cukup menguras tenaga apabila mengangkut air menggunakan jerigen galon," katanya, Jum'at (6/10/2023).

Begitu pula di ungkapkan warga lainnya bernama Amin yang mengaku sudah bertahun-tahun kerap menggunakan sumber mata air sumur cadas tersebut untuk pasokan air bersih dikala musim kemarau. (EDI)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda