Tanggapan KKI WARSI Terhadap Pemberdayaan KAT SAD Yang Diusulkan Dinsos Kab Tebo Ke Kemensos - Media Online : www.duasatu.net

Kamis, 26 Oktober 2023

Tanggapan KKI WARSI Terhadap Pemberdayaan KAT SAD Yang Diusulkan Dinsos Kab Tebo Ke Kemensos

KKI WARSI Robert Aritonang saat mendampingi Pj Bupati Tebo H Aspan ke dusun Semarantihan Desa Suo-Suo Kec Sumay/foto: redaksi duasatu.net

TEBOJAMBI,DUASATU.NET- Komunitas Konservasi Indonesia Warung Informasi Konservasi (KKI WARSI) berterimakasih kepada Dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (Dinsos P2PA) Kabupaten Tebo telah mengusulkan pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) untuk masyarakat Suku anak dalam Suku Talang Mamak ke Kementerian sosial (Kemensos), "ujar Robert Aritonang melalui sambungan telepon, Kamis (26/10/2023).

Lebih jauh dijelaskan KKI WARSI Robert Aritonang, bahwa tanggungjawab kami sebagai pendamping adalah untuk memberdayakan mereka supaya para pihak bisa membantu memasarkan hasil kerajinan warga suku Talang Mamak, seperti melalui Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kab Tebo.

" Adapun keterampilan kerajinan warga suku Talang Mamak tersebut berasal dari tanaman liar yang banyak di jumpai seperti rotan, kulit kayu maupun resam, produknya berupa anyaman tudung saji, tas, topi dan banyak lagi macamnya", kata Robert.

Robert mengaku pendampingan yang di lakukan oleh KKI WARSI bekerjasama dengan Dinsos P2PA Kab Tebo sejak tiga tahun lalu cukup bagus, terutama pada saat melakukan perbaikan identitas KTP dan KK warga suku Talang Mamak," ungkapnya.

" Dengan demikian Robert berharap kerjasama KKI WARSI dengan Dinsos P2PA Kab Tebo dan dukungan dari Kemensos, suku Talang Mamak dusun Semarantihan Kec Sumay sebagai suku adat yang marginal, kehidupannya masih tertinggal jauh maka dapat terangkat dan dipenuhi hak-haknya kedepan bisa lebih mandiri. (ARD)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda